Minggu, 02 Oktober 2011

BIDANG SENI FILM

A.    Latar Belakang

KARYA FILM merupakan hasil persenyawaan kreatif dari berbagai disiplin ilmu dan inspirasi utamanya adalah kehidupan. Frame dalam film memiliki arti yang sama dengan garis bawah pada karya tulis jika ingin memberi penekanan maksud. Dengan demikian karya film yang bentuknya merupakan rentetan frame, dapat pula diartikan sebagai sebuah rangkaian penekanan maksud yang memiliki logika dan dinamika yang lebih dinamis dibanding peristiwa kehidupan nyata yang menjadi inspirasinya. Maka tidaklah perlu dipertanyakan lagi bahwa karya film merupakan media yang memiliki daya pengaruh yang tinggi. Kebenaran dalam karya film dirasakan lebih benar dibanding kebenaran yang sebenarnya.
     Menyadari kenyataan ini, maka Bidang Seni Film, memiliki misi penting dalam kenduri kesenian nasional ini untuk mempengaruhi masyarakat kesenian, pendidikan maupun umum agar memberi perhatian khusus pada maksud dan tujuan FESTIVAL KESENIAN INDONESIA VII-2011 yang mengusung tema “THE VOICE OF ARCHIPELAGO”
“THE VOICE OF ARCHIPELAGO” diartikan sebagai resonansi dimensi kebudayaan negara kepulauan yang terletak diantara benua Asia dan Australia. Keunikan masyarakat dari negara kepulauan tersebut adalah; kemampuan melihat keindahan dari berbagai perbedaan sebagai sebuah anugerah yang pada akhirnya membentuk wawasan budaya dengan dasar adanya persamaan cara memandang dalam melihat kenyataan antropologis, geografis dan sosiologis yang mereka miliki.
      WAWASAN BUDAYA ini membentuk keinginan untuk melakukan penyatuan gerak dan langkah dalam menjalankan kehidupan dan kemudian mereka sepakat membentuk KAWASAN POLITIK yang bernama Nusantara. Daerah teritorial Nusantara  mencakup kawasan negara-negara yang saat ini menyatu dalam rumpun Asean.
Berdasarkan makna dari tema Festival Kesenian Indonesia VII – 2011, maka Bidang Seni Film merasa perlu untuk mengundang para pembuat film dari berbagai Sekolah Tinggi/Institut Seni di Indonesia maupun dari kawasan Asean,

B. Tujuan
    1.  Mampu menumbuhkan apresiasi seni dalam bidang pertelevisian dan film
    2.  Menjadikan ajang diskusi dan kreatifitas seni audiovisual.
    3.  Sebagai ajang apresiasi film/ sinematografi dan dokumenter
    4.  Terjalinnya kerjasama dengan penyelenggara institusi pendidikan perguruan tinggi seni media
         rekam dan perfileman di kawsan ASEAN
    5.   Menumbuhkan insan seni film untuk lebih kreatif.
    6.   Mendorong tumbuh kembangnya komunitas film pada mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar